Materi dan Soal Cara Komunikasi yang Menarik dan Efektif
curahanguru.site - Nama Kami Vivit Kavi (Instagram: @vivitkavi) dan Vena Annisa (Instagram: @venaannisa), konsultan Komunikasi dan Trainer dari V&V Communications. Kami akan akan berbagi tentang komunikasi efektif dalam pembelajaran virtual yang menggunakan teknologi, maupun tatap muka langsung di dalam kelas.
Apa itu Komunikasi Efektif?
Komunikasi yang efektif adalah proses pertukaran ide, pemikiran, pengetahuan dan informasi yang disajikan dengan cara yang paling dipahami oleh penerima sehingga tujuan atau niat dapat terpenuhi dengan sebaik mungkin.
Komunikasi Efektif di Era Komunikasi Virtual
Dalam keadaan pandemi dimana manusia tidak dapat bertemu, dibutuhkan sebuah metode komunikasi yang sesuai sehingga interaksi dan hubungan baik tetap dapat terjalin dengan adanya komunikasi yang efektif. Disinilah teknologi berperan sebagai perangkat yang menghubungkan interaksi sosial.
Komunikasi yang efektif mencakup keterampilan seperti komunikasi verbal dan nonverbal, mendengarkan dengan penuh perhatian, kemampuan untuk memahami dan mengendalikan emosi dan mengelola stres. Keterampilan ini perlu dikembangkan dan diasah.
Di era komunikasi virtual, tantangan bagi kita adalah bagaimana menerapkan dan mengasah kemampuan komunikasi dengan baik ketika harus selalu siap beralih metode komunikasi , baik secara virtual maupun tatap langsung.
Bagaimana Mengasah Kemampuan Komunikasi secara Virtual maupun Tatap Langsung?
Pada dasarnya komunikasi secara langsung maupun virtual mempunyai beberapa kegiatan sebagai berikut:
- Membina hubungan baik
- Membagikan Informasi
- Saling mendengar
- Saling mengerti
4 Kegiatan tersebut bisa dipraktekkan dalam pembelajaran virtual atau tatap langsung dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini :
- Keadaan
- Perasaan/Emosi
- Kebutuhan
- Permintaan berdasarkan perasaan dan kebutuhan.
Dengan menyadari beberapa faktor-faktor di atas, komunikasi akan selalu dilakukan dengan sebuah kesadaran akan sebuah tujuan yang ingin dicapai secara bertahap, untuk kemampuan komunikasi yang selalu berkembang dan lebih baik.
Komunikasi dan Teknologi
Teknologi adalah sarana untuk mempraktikkan kesadaran untuk berkomunikasi di masa yang terus berkembang dan seringkali tidak menentu. Teknologi adalah alat untuk menguji ketangguhan kita untuk terus memperbaiki metode komunikasi yang dibutuhkan.
Tetapi apapun gawai yang kita gunakan, alat yang paling canggih adalah kemampuan nonteknis diri sendiri yang senantiasa kita kembangkan sesuai dengan kemajuan zaman.
Bagaimana Menjalankan Komunikasi yang Tepat dan Relevan di Kelas Online Anda?
Tentukan dan putuskan terlebih dahulu mengapa dan apa yang perlu Anda komunikasikan kepada siswa. Anda harus mengetahui hasil akhir yang ingin Anda capai dengan komunikasi
yang Anda kirimkan kepada siswa tersebut.
Saat mengajar online, Anda memiliki kebebasan dalam menyusun pesan yang ingin Anda kirimkan kepada siswa. Berikut adalah beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online
Anda:
1) Pendek namun efektif : Saat membuat pesan yang akan Anda kirim ke siswa online Anda, cobalah untuk menggunakan kata-kata pendek dan tepat. Siswa cenderung membaca dan mengerti isi dari sebuah pesan melalui komunikasi yang ringkas dan tertata dengan baik.
2) Jelas : Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga harus jelas dan
fokus hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa.
3) Sampaikan apa yang harus dicapai: Ketika berada di ruang kelas online, kadangkala siswa merasa bersikap lebih bebas dibanding ketika berada di kelas fisik. Jadi Anda harus memberikan sekumpulan ekspektasi yang sangat jelas kepada siswa sebelum mereka memulai studi.
4) Jadikan gaya komunikasi Anda memiliki kesan akrab: Membuat komunikasi hangat dengan siswa berarti Anda membuat murid merasa bahwa mereka adalah orang yang nyata dan dihargai. Suasa hangat di dalam kelas akan membuat mereka merasa terhubung satu sama lain termasuk dengan Anda dan teman sekelas mereka.
5) Jelaskan jalur komunikasi yang tepat: - Anda akan selalu ingin memberi siswa Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tambahan jika mereka tidak memahami pesan Anda. Jelaskan jalur komunikasi yang dapat siswa gunakan untuk bertanya, contoh: melalui email, SMS atau pesan singkat.
Gunakan Metode Komunikasi yang Paling Efektif
Lakukan riset terlebih dahulu mengenai alat komunikasi yang akrab dan yang dimiliki oleh murid, lalu tentukan jalur apa yang ingin Anda gunakan. Berikut contoh pilihan perangkat komunikasi yang dapat digunakan:
• Google Hangouts - https://plus.google.com/hangouts adalah aplikasi pesan, video, dan suara. Dengan fitur perpesanan, Anda dapat melakukan percakapan pribadi dengan salah satu siswa Anda, sekelompok kecil, atau Anda dapat berbicara dengan semua siswa Anda sekaligus. Dengan menggunakan fitur video, Anda dapat mengubah percakapan Anda menjadi obrolan video.
• Whatsapp, SMS - kirim pesan singkat atau rekam video pendek dan bagikan sebagai pesan video. Manfaatnya: terasa lebih akrab, siswa dapat memutar ulang video jika mereka melewatkan intisari pesan.
• Telpon - Berikan pilihan untuk dapat menelpon Anda jika ada sebuah pertanyaan atau keperluan mendesak yang membutuhkan jawaban yang cepat.
Miliki Rencana Komunikasi
Rencanakan kapan dan mengapa Anda harus berkomunikasi dengan siswa online Anda. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten.
Beri tahu siswa Anda metode apa yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi sehingga mereka siap dan tahu di mana, serta apa yang harus mereka lakukan sebelumnya. Seberapa sering Anda akan berkomunikasi dengan siswa Anda. Untuk komunikasi rutin seperti pengumuman, Anda perlu merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda. Apakah akan dilakukan dua mingguan, mingguan, atau setiap sehari?
Soal dan Jawaban
1. Dalam komunikasi terjadi pertukaran :
A. Informasi,
B. Mata Uang
C. Barang
D. Jasa
2. Komunikasi efektif tercapai ketika :
A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B. Komunikator mengenal lawan bicara
C. Pesan disampaikan dengan jelas
B. Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara,
3. Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :
A. Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
B. Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara,
C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal
4. Tujuan mendengar lawan bicara adalah :
A. Untuk dapat merespon dengan benar
B. Untuk memenangkan argumen
C. Untuk mengerti lawan bicara,
D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara
5. Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :
A. Kesopanan
B. Nonverbal,
C. Efektif
D. Virtual
6. Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :
A. Simpati
B. Emosi
C. Empati,
D. Strategi Komunikasi
7. Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :
A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator
B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C. Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan,
D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan
8. Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B. Teknologi komunikasi yang canggih,
C. Perencanaan yang matang
D. Penulisan pesan yang personal
9. Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain
B. Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain,
C. Melakukan kritik yang membangun
D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara
10. Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?
A. Penggunaan teknologi yang tepat
B. Alasan dan tujuan komunikasi,
C. Pesan yang detail dan lengkap
D. Lawan bicara
11. Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?
A. Bersikap jelas,
B. Pesan tidak sampai kepada pendengar
C. Gaya komunikasi tidak berkesan
D. Jalur komunikasi tidak jelas?
12. Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
A. Pendek namun efektif
B. Bersikap jelas
C. Detail, lengkap dan tertata,
D. Sampaikan apa yang harus dicapai
13. Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :
A. Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten,
B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam
D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah
14. Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :
A. Bersikap jelas
B. Pendek namun efektif,
C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D. Sampaikan apa yang harus dicapai
15. Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
A. Penggunaan tulisan
B. Gambar
C. Media online
D. Penggunaan bahasa tubuh,
Semoga Bermanfaat.
Mohon komentar dan sarannya
Terimakasih🙏.
Posting Komentar untuk " Materi dan Soal Cara Komunikasi yang Menarik dan Efektif"